fbpx

Baroindo Menghadirkan Buku Pengantar Hukum Jaminan Sosial Kesehatan Indonesia

Baroindo Menghadirkan Buku Pengantar Hukum Jaminan Sosial Kesehatan Indonesia

Penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan Indonesia menyangkut pengumpulan dana, pemanfaatan (utilisasi), aksesibilitas, atau cakupan perlindugan, dan aspek terpenting upaya edukasi publik berkelanjutan. Pada awal pelaksanaan jaminan hingga saat ini, edukasi publik kurang mendapat porsi yang cukup dari pemangku kepentingan.

Ada fakta, faktor politik untuk meningkatkan perolehan suara dalam pemilu, mendominasi alasan penguasa untuk mempertahankan skema pelaksanaan jaminan sosial kesehatan. Bagaimana kritisi Peter Zweifel menggambarkan faktor di Belanda dibahas dalam buku ini. Di samping itu ada faktor urgensi edukasi publik, dan bidang hukum yang baru berkembang, menjadikan kehadiran buku ini penting sebagai instrumen edukasi untuk membangun budaya jaminan sosial, sekaligus pengingat tujuan negara kesejahteraan yang rentan terhadap kepentingan politik.

 

Apa kata mereka mengenai buku ini?

Prof. Dr. Ari Hernawan S.H., M. Hum, (Guru Besar Fakultas Hukum UGM Yogyakarta), 

“…Buku ini semakin menarik karena dilengkapi dengan daftar peraturan, keputusan, dan kebijakan di bidang jaminan sosial kesehatan di Indonesia. Sebagai “Bonus”, setidaknya kehadiran daftar peraturan semacam itu dapat membantu pembaca yang penasaran dengan substansi hukumnya secara lengkap untuk mengaksesnya. Meskipun demikian, bagi pembaca yang belum sempat mengakses peraturan, keputusan, maupun kebijakan yang dimaksud, tidak perlu khawatir karena sesungguhnya esensinya sudah termuat dalam pembahasan bab demi bab disesuaikan dengan konteksnya…”

Prof. Dr. Drs. Paulinus Soge, S.H., M.Hum. (Guru Besar Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta), 

“Kehadiran buku ini tepat waktu pada saat bangsa Indonesia memasuki tahapan baru penyelenggaraan jaminan sosial kesehatan bagi masyarakat yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Oleh sebab itu, buku ini penting bagi semua kalangan masyarakat, mahasiswa pada umumnya, dan mahasiswa hukum pada khususnya.

Bagi mahasiswa sebagai calon pemimpin (A student today, a leader tomorrow), dan sebagai agen pembaharu (agent of change) dengan membaca buku ini para mahasiswa dapat membantu menjelaskan masalah-masalah berkaitan dengan hukum jaminan sosial kesehatan Indonesia kepada masyarakat yang mengalami kesulitan terkait masalah ini. Di samping itu, Mahsiswa hukum yang akan membuat penulisan terkait jaminan kesehatan di sarankan membaca buku ini, mengingat belum banyak buku sejenis yang terbit.”

Rixa Pattipeilohy, SH, MH, Advokat & Founder Barometer Regulasi Indonesia, 

“Buku ini dapat menambah referensi pemikiran pembacanya agar dapat mengetahui aspek fundamental dan kedinamisan praktek penyelenggaraan jaminan sosial di Indonesia,  khususnya jaminan sosial kesehatan yang saat ini menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat Indonesia untuk menuju kehidupan yang lebih sejahtera.

 

Buku Pengantar Hukum Jaminan Sosial :

 

Penerbit : Kanisius
Jumlah Halaman: 284
Penulis: Adhi Kristian, Asih Eka Putri, Oka Mahendra, Diah Ayu Puspandari

Kertas isi : HVS 70 gram
Ukuran : 155 X 230 mm

Hubungi Kami

Baroindo Menghadirkan Buku Pengantar Hukum Jaminan Sosial Kesehatan Indonesia
Scroll to top