fbpx

Hadapi Pengancam Pancasila, Jokowi Bentuk Koopssus TNI dari Matra Darat, Laut, dan Udara

Baroindo.id_ Kelompok-kelompok yang hendak menghancurkan Idiologi Negara (Pancasila) kini semakin berani terbuka menunjukkan pertentangan. Keberanian menimbulkan ancaman dengan eskalasi yang semakin tinggi dan membahayakan Pancasila, kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan tumpah darah Indonesia. Negara tidak tinggal diam.

Pasukan Khusus Dibentuk

Negara tidak tindak tinggal diam. Presiden Jokowi resmi membentuk komando operasi khusus Tentara Nasional Indonesia dari matra darat, laut, dan udara yang bercirikan kemampuan khusus dengan tingkat kecepatan gerak dan keberhasilan tinggi secara terintegrasi di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Koopssus TNI,  Pasukan Khusus Penyelamat Kepentingan Nasional

Pasukan Khusus ini disebut sebagai Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia disebut Koopssus TNI. Menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, merupakan tugas  Koopssus TNI ini dalam kerangka mendukung tugas pokok TNI.

Koopssus TNI dipimpin oleh Komandan Koopssus TNI disebut Dankoopssus TNI yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Kasum TNI. Dankoopssus TNI dibantu oleh Wakil Komandan Koopssus TNI disebut Wadankoopssus TNI.

Koopssus TNI resmi dibentuk Presiden Jokowi dalam Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2019. Perpres ini merupakan perubahan kedua dari Perpres No. 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia. Presiden menandatangainya tanggal, 3 Juli 2019, dan dinyatakan berlaku sejak diundangkan pada tanggal, 8 Juli 2019.

Hadapi Pengancam Pancasila, Jokowi Bentuk Koopssus TNI dari Matra Darat, Laut, dan Udara
Scroll to top