Detail

UU Kebidanan, “Bidan Lulusan Diploma Tidak Boleh Praktik Mandiri”

UU Kebidanan, “Bidan Lulusan Diploma Tidak Boleh Praktik Mandiri”

administrator 16963

Baroindo.id_Pasca UU No. 4 Tahun 2019 tentang Kebidanan, Praktik bidan mandiri hanya diperuntukan bagi bidan berpendidikan profesi, sedangkan Bidan dengan kualifikasi pendidikan diploma hanya dapat menjalankan praktik di fasilitas kesehatan.

Pendidikan Kebidanan

Bidan adalah seorang perempuan yang telah menyelesaikan program pendidikan Kebidanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri yang diakui secara sah oleh Pemerintah Pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan praktik Kebidanan.

Pendidikan kebidanan terdiri atas pendidikan akademik, pendidikan vokasi (program D III), dan pendidikan profesi. Pendidikan akademik terdiri dari program sarjana, program magister, dan program doktor. Pendidikan vokasi merupakan program diploma tiga (D III) kebidanan. Sedangkan pendidikan profesi merupakan program lanjutan dari program pendidikan setara sarjana atau program sarjana.

Bidan Lulusan Diploma Tidak Boleh Praktik Mandiri

Berdasarkan UU 4/2019, untuk dapat berpraktik mandiri, bidan, baik dengan pendidikan akademik maupun pendidikan vokasi wajib mengambil pendidikan profesi. Tanpa mengambil pendidikan profesi mereka hanya diperbolehkan berpraktik di fasilitas kesehatan.

Selain syarat lulus pendidikan kebidanan, seorang  bidan juga wajib wajib melakukan registrasi dan izin praktik. Registrasi dibuktikan dengan Surat Tanda Registrasi (STR) yang diberikan konsil kepada bidan yang memenuhi persyaratan, yaitu memiliki:

  • ijazah dari perguruan tinggi kebidanan.
  • memiliki sertifikat kompetensi atau sertifikat profesi.
  • surat keterangan sehat fisik dan mental
  • surat pernyataan telah mengucapkan janji/sumpah profesi, dan
  • surat pernyataan mematuhi dan melaksanakan etika profesi.

Sedangkan izin praktik, berupa Surat Izin Praktik Bidan (SIPB) diberikan oleh Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten kepada bidan yang telah memiliki STR dan tempat praktik.

Masa Peralihan

UU 4/2019 berlaku mulai tanggal 15 Maret 2019, ada masa peralihan yang membuat bidan tetap dapat menjalankan praktik kebidanan yang selama ini telah berjalan. Pada saat Undang-Undang ini mulai berlaku, setiap orang yang sedang mengikuti pendidikan Kebidanan D IV dapat berpraktik sebagai Bidan lulusan D IV di Fasilitas Pelayanan Kesehatan setelah lulus pendidikan kecuali praktik mandiri Bidan.

Sedangkan, Bidan lulusan D IV sebelum Undang-Undang ini mulai berlaku dapat berpraktik di Fasilitas Kesehatan kecuali praktik mandiri Bidan. Bidan lulusan di bawah D III Kebidanan yang telah melakukan Praktik Kebidanan sebelum Undang-Undang ini diundangkan masih tetap dapat melakukan Praktik Kebidanan untuk jangka waktu paling lama Bulan Oktober Tahun 2020.

Praktik Mandiri Bidan D III, D IV, Masih Dapat Berjalan

Sementara itu, Bidan lulusan D III dan Bidan lulusan D IV yang telah melaksanakan Praktik Kebidanan secara mandiri di Tempat Praktik Mandiri Bidan sebelum Undang-Undang ini diundangkan, masih dapat menjalankan praktik tersebut paling lama hingga 7 tahun setelah pengundangan UU 4/2019. Setelah itu, bagi bidan lulusan D3 yang melakukan praktik mandiri dapat mengikuti penyetaraan Bidan lulusan profesi melalui rekognisi pembelajaran lampau.

 



Produk terbaru Baroindo:

Buku Pengantar Hukum Jaminan Sosial 

Penerbit : Kanisius
Jumlah Halaman: 284
Penulis: Adhi Kristian, Asih Eka Putri, Oka Mahendra, Diah Ayu Puspandari

Kertas isi : HVS 70 gram
Ukuran : 155 X 230 mm

BELI SEKARANG 



Berita Terbaru